Website Resmi Desa Cimayasari. Mari Bangun Dan Berkarya Untuk Cimayasari Berjaya.

Artikel

Bupati Ruhimat Hadiri Acara ‘Ruatan Bumi’ di Desa Cimayasari Cipeundeuy

23 Oktober 2019 15:19:07  admin  29 Kali Dibaca  Berita

Bupati Subang, H.Ruhimat, menghadiri Hari Krida Tani (Ruatan bumi) Desa Cimayasari, Kecamatan Cipeundeuy, di halaman Desa Cimayasari, Rabu (23/10/2019) pagi.

Selain dihadiri bupati subang,  hadir pula Anggota DPRD Kabupaten Subang Dapil 3 Ujang Sumarna, Kadis PUPR, Camat Cipeundeuy, Tatang Komara S.Pd, Kapolsek Cipeundeuy, Kompol. Odjat Sudrajat, Kepala Desa Cimayasari, Unsur muspika Kecamatan Cipeundeuy/mewakili serta ibu-ibu PKK Desa Cimayasari.

Bupati Subang, menyatakan bahwa hari krida pertanian atau “ruat bumi” merupakan tradisi turun temurun yang telah berjalan sejak ratusan tahun berupa ruwatan bumi yaitu ritual manivestasi rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala yang telah diperoleh dari hasil bumi.

“Hari Krida Tani, merupakan tradisi turun temurun, yang memang telah berjalan sejak ratusan tahun yang lalu, yang disebut, ruatan bumi, dan yang dimaksud ritual manivestasi rasa syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala yang telah di peroleh dari hasil bumi,”ujar Bupati Subang.

Bupati Subang menjelaskan  melalui peringatan hari krida pertanian atau ruat bumi, berharap dapat menjadi pendorong untuk meningkatkan keberhasilan pembangunan pertanian khususnya dalam mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat.

 “Saya berharap dengan adanya acara hari krida tani ini, dapat menjadi pendorong untuk meningkatkan keberhasilan pembangunan pertanian, dan khususnya, dalam mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat,”harap Ruhimat.

Tradisi ruwat bumi merupakan bagian warisan budaya yang perlu dijaga keberlangsungannya. Dengan adanya tradisi seperti ini disamping dapat memperkuat ikatan silaturahmi juga dapat mempertahankan seni budaya daerah khususnya yang ada di daerah Cipeundeuy.

“Saya mohon dukungan dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama sesuai kapasitasnya masing-masing untuk membangun Subang ke arah yang lebih baik yaitu Subang Jawara ( jaya, istimewa, sejahtera),”pungkasnya.

Sumber : https://www.lampusatu.com

adih
19 Desember 2019 09:02:42
manttapppp

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Wilayah Desa

Sinergi Program

KEMENDES PDTT KOMINFO KEMENSOS
JAWA BARAT PIKOBAR SAPA WARGA
KABUPATEN SUBANG

Aparatur Desa

Agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:56
    Kemarin:75
    Total Pengunjung:33.401
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.204.31
    Browser:Tidak ditemukan